Senin, 13 April 2020

PENCABUTAN DURI IKAN BANDENG


PENCABUTAN DURI IKAN  BANDENG




Bagi pemula, pencabutan duri memang pekerjaan yang tergolong sulit untuk dilakukan. Namun, dengan terus berlatih, pekerjaan ini akhirnya akan terasa mudah. Pengetahuan mengenai jumlah duri tersebut dapat digunakan untuk memastikan apakah duri pada bagian itu sudah tercabut semua. Oleh karena itu, sebaiknya jumlah duri yang telah dicabut dihitung sehingga duri yang ketinggalan bisa segera diketahui. Alat yang biasa digunakan untuk mencabut duri adalah pinset yang rucing.
Pencabutan duri dapat dilakukan secara berurutan sesuai tahapan tersebut atau bisa dengan melakukan dari bagian yang dianggap paling mudah sampai ke bagian yang dirasa paling sulit. Perabaan sebaiknya dilakukan untuk memastikan duri telah tercabut semua. Apabila masih terasa ada duri, segera diambil. Sebaiknya hal ini dilakukan berulang-ulang hingga duri betul-betul tercabut semua.


     1)      Penggangkatan/ pencabutan tulang belakang
Tulang belakang dipatahkan pada bagian ekor selanjutnya ditarik ke atas kebagian kepala, daging ikan ditekan agar tidak ikut tertarik keatas sampai ke bagian kepala .



     2)      Cabut duri bagian perut sebanyak 16 pasang dengan menggunakan Pinset


     3)      Mencabut duri di daerah dada dekat kepala (jumlah duri 12 buah)

     4)      Cabut duri punggung (jumlah duri 42 buah ) diawali pada bagian depan dekat tutup insang .

     5)      mencabut duri di daerah dekat pangkal ekor (jumlah duri 12 buah)

     6)      Potong sirip punggung yang diawali dari pangkal punggung sirip punggung hingga sirip terlepas.

     7)      Perabaan sebaiknya dilakukan untuk memastikan duri telah tercabut semua.
Apabila masih terasa ada duri, segera diambil setelah duri betul-betul tercabut semua ikan bandeng tanpa duri siap dikemas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar