Minggu, 07 Desember 2014

HARI NUSANTARA TAHUN 201

JELANG HARI NUSANTARA TAHUN 2014
Senin, 8 Desember 2014 - Kategori : Warta Penyuluhan

JAKARTA (8/12/2014)  www.pusluh.kkp.go.i id

Seminggu lagi 13 Desember 2014 kita bangsa Indonesia kembali akan memperingati Hari Nusantara tahun 2014. Peringatan Hari Nusantara tahun 2014 lebih terasa bermakna terlebih fokus Pemerintah Presiden Joko Widodo dan JK mengedapankan aspek maritim dalam Kabinet Kerja Tahun 2014-2019.  Terbentuk Menko Kemaritiman diharapkan akan memperkuat pencapaian program Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.  Isu hangat dalam pembangunan kelautan dan perikanan selama lima minggu kepemimpinan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang bermuara pada pentingnya kedaulatan wilayah laut di Indonesia benar-benar akan memberikan makna spesial pada Hari Nusantara Tahun 2014 termasuk rencana peledakan kapal asing pencuri ikan yang saat ini sudah ditahan di Pelabuhan Pontianak pada Hari Nusantara tahun 2014.     
 
Dalam rangka peningkatan pemahaman masyarakat terhadap arti Nusantara, maka Peringatan Hari Nusantara dilakukan secara bergilir ke pelbagai daerah, dengan harapan kiranya melalui kegiatan tersebut masyarakat di seluruh Indonesia akan memahami dan mampu menjaga kedaulatan NKRI.  Pada tahun 2014 Hari Nusantara secara nasional difokuskan di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.
Disamping itu juga melalui peringatan Hari Nusantara, diharapkan Pemerintah dan rakyat Indonesia menyadari bahwa Indonesia memiliki jati diri sebagai bangsa maritim dan negara kepulauan terbesar di dunia, serta peringatan tahun ini akan menjadi pendorongan dan semangat baru bagi pemerintah dan segenap komponen masyarakat untuk menjadikan pemban
Tujuan Peringatan Hari Nusantara adalah:

1. Merubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut (matra darat dan matra laut berimbang).
2. Menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama (Mainstream) Pembangunan Nasional
3. Menghasilkan model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar dan atau terpencil.
4. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya alam laut untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia.
TOR Hari Nusantara tahun 2014 yang diperoleh dari Dewan Kelautan Indonesia selengkapnya dapat diunduh
Sumber informasi :
http://www.dekin.kkp.go.id
Unduh Lampiran :  tor-harnus-2014.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar