Sabtu, 30 November 2019

Solusi Atasi Pengaruh Musim Hujan Terhadap Budidaya Udang


Solusi Atasi Pengaruh Musim Hujan Terhadap Budidaya Udang



Perlakuan teknis budidaya yang direkomendasikan untuk diterapkan pada saat musim hujan antara lain :

1. Pemupukan Secara Intensif
Pada saat musim hujan pemberian pupuk harus lebih sering dilakukan hal ini untuk menjaga kestabilan plankthon (phytoplankthon) di dalam perairan tambak. Hal yang perlu diingat adalah lebih baik memberikan pupuk dalam jumlah yang tidak terlalu banyak tetapi rutin dilakukan daripada memberikan pupuk dalam dosis besar pada saat terjadi plankthon collaps. Selain itu manfaatkan sinar matahari secara maksimal untuk melakukan pemberian pupuk ini.

2. Pengoperasian Kincir Secara Maksimal
Perlakuan ini diperlukan untuk mengoptimalkan proses pemupukan yang telah dilakukan dalam rangka membantu menjaga kestabilan plankthon (phytoplankthon). Pengoperasian kincir juga diperlukan untuk menjaga kondisi perairan tambak agar tidak terjadi perbedaan yang menyolok antara permukaan (yang disebabkan oleh air hujan) dan air di lapisan dasar tambak. Selain itu pengoperasian kincir juga untuk menambah suplai oksigen di dalam perairan karena pada saat hujan oksigen yang dihasilkan oleh proses fotosintesa plankthon berkurang drastis.

3. Sirkulasi Air Secara Oplos
Pengertian oplos adalah sirkulasi air yang dilakukan melalui cara buang isi secara bersamaan. Metode sirkulasi air seperti ini juga diperlukan untuk menjaga kondisi perairan tambak agar tidak terjadi perbedaan yang menyolok antara permukaan (yang disebabkan oleh air hujan) dan air di lapisan dasar tambak. Jika sumber pemasukan air (inlet) dalam kondisi keruh/kotor, untuk sementara jangan dilakukan sirkulasi air.

4. Monitoring
Lakukan monitoring secara ketat dalam hal jadwal dan cara pemberian pakan terutama pada saat hujan.


Sumber i http://benurmurah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar