Selasa, 29 Januari 2019

PERSIAPAN LAHAN


Persiapan lahan sangat penting karena merupakan langkah awal dari kegiatan budiaya dan merupakan titik kunci kesuksesan budidaya. Hal ini dikarenakan lahan merupakan salah satu factor pembatas kegiatan budidaya. Beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam penentuan lokasi sebelum persiapan lahan adalah sebagai berikut.


1.      Elevasi, merupakan ketinggian tambak terhadap permukaan laut. Idialnya elevasi tambak tidak menyulitkan pada saat pemasukan dan pengeluaran air dari tambak serta mempertimbangkan aspek pasang tertinggi. Lokasi terbaik bila tambak berada diantara pasang tertinggi dan pasang terendah.
2.      Jenis tanah, konstruksi tambak yang alami harus mempertimbangkan kondisi tanah secara baik. Jenis tanah yang baik untuk membuat tambak adalah campuran tanah liat dan endapan lempung yang mengandung bahan organik. Sedangkan lahan yang berpasir memiliki kemampuan menahan air rendah bias menggunakan dikonstruksi melalui system biocrete atau Busmitek.
3.      Kualitas air, kualitas merupakan factor utama dalam pembesaran udang dan ikan. Oleh karena itu harus dipastikan lokasi tambak memiliki kualitas air yang dipersyaratkan sebagai berikut


Tabel 1 Kualitas air untuk udang

No
Parameter
Nilai
1
Suhu
28-30oC
2
pH
6,5-9
3
Salinitas
12-20 pt
4
Oksigen terarut
>5 g/L
5
Amonia
< 0,3 mg/L
6
Kecerahan
>25 cm



Gambar 1 cara membuat tambak
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=g2DdA_Y38I8


Kegiatan persiapan lahan antara lain mencakup; pengeringan lahan untuk memudahkan pembersihan lumpur dan organisme pengganggu seperti tritip; perbaikan plastik akibat kerusakan dan kebocoran plastik pada siklus sebelumnya, jika menggunakan system BUSMETIK; mengolah tanah dasar tambak agar kesuburan tanah kembali baik; pembenahan dan persiapan central drainase; memasang kincir untuk menstabilisasi kebutuhan okesigen terlarut air serta kemudian pengisian air sesuai dengan kebutuhan.




Gambar 2 Persiapan lahan
Sumber https://www.youtube.com/watch?v=zc4nYHNDkl0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar